Tulisan saya adalah Pikiran saya Silakan dibaca
JEJAK LANGKAH

6 Jun 2011

CERPEN ALAM

Saat ini ada seorang anak lelaki berkebangsaan Papua tentunya dari rumpun Melanesia ,sejak ia dilahirkan dari rahim seorang Mama,ia tidak pernah merasa susah.

Semasa ia Baiy ,apabila iya kedinginan ia tinggal mengeluarkan suara tangisan karena ia masih baiy tentunya ia tidak akan berbicara dan berkata bahwa ia sedang kedinginan, namun karena naluri seorang Mama yang begitu amat dekat dan menyatu dengan anaknya itu mamanya akan tau bahwa anak tercintanya sedang kedingina..Pangkuan dari seorang mama selalu menemaninya,suara tangisan anak selalu diiringi dengan nyayian mama,meski tidak seindah kicauan burung dan tak semerdu hembusan udara.

Mata baiy yang belum bisa melihat dengan jelas selalu melirik keara kiri dan kanan ,disana ia melihat dedaunan pohon yang bergoyang karena dihempas oleh angin laut yang masih bersih.
Bapanya seorang pemimpin di Kota itu ,tugas  dari seorang bapa di kantor adalah menyuarakan pilihan rakyat yaitu DPR Dewan Perwakilan Rakyat.

 Pada hari kelima ia hadir di dunia,ia diberi nama Alam,bukan berarti nama untuk orang jawa atau melayu namun alam adalah tempat dimana ia akan tumbuh dan mengapdi.
Tidak seperti anak-anak disekitar komplek rumahnya alam tumbuh dengan kecukupan yang telah disiapkan oleh mama dan bapanya.

Bapanya mungkin telah berpikir yang matang agar ketika bapanya sudah menjadi orang dalam arti pejabat barulah akan merkeluaraga dan mempunyai anak,mungkin ayahnya juga berikir untuk mencapai kematangan itu pilihan DPR adalah pilihan utama dan final dalam arti tidak ada pilihan lain.

Dengan bergantinya hari,bulan berlalu dan tahun semakin bertambah usianya Alam bertambah,pada usia lima tahun Bapa dan Mama Alam memutuskan agar alam masuk kelas Taman kanak-kanak di  Yayasan yang dikelolah oleh para Suster biara,meski taman kanak-kanak tersebuat lebih mahal jika dibandingkan dengan taman kanak-kanak yang lain, menurut bapa alam, yayasan yang dikelolah oleh kaum katholik ,mutu dan kualitasnya lebih bagus.

 karena usianya yang nasih kecil berangkat  dan pulang sekolah ,alam selalu diantar dan dijemput dengan Mobil Toyota Avanza yang berplat hitam.

Jika bapanya yang mengantar alam ke taman kanak-kanak ,bapanya akan mengantarnya dengan memakai mobil avanza berplat hitam,dan jika mamanya yang antar mamanya akan mengantarnya dengan Mobil  INOVA yang berplat hitam juga.

Berbulan-bulan sudah alam mengabiskan waktu kanak-kanak  itu,terkadang waktu pulang ketika salah seorang dari teman alam yang  dahulu keluar ruang,ia akan mencari alam dan berkata dengan benar alam ko punya mama ada tunggu di depan,temanya sudah tau karena Mobil Avanza yang sedang parkir.
Di depan mama dan Alam teman-temannya tidak akan banyak berbicara namun jika mobil mereka berjalan teman-teman alam akan berkata Alam punya Mobil dua to,dia gaya  e, orang kaiya jadi.

Perbedaan diantara teman-temannya sangat jauh dari segi materi ,mahlumlah kebayakan akan-anak yang sekolah di taman kanak-kanak itu datang dari keluarga petani meski ada juga yang bapanya seorang pegawai Negri PNS ,tapi apa boleh buat gaji Bapa anak-anak itu untuk menyekolahkan kaka-kaka dari anak-anak itu,beberapa dari anak-anak yang sekelas dengan alam mempunyai kaka yang sedang kulia di Luar kota.
 Gaji  sebulan 1.700.000”Satu juta tujuh ratus ribu tidak cukup untuk membiyaiyai kaka mereka dan makan keluarga dalam sebulan, Mama mereka akan berjuang melawan terik Matahari keluar rumah pagi masuk malam dengan berbekal uang 50 ribu sampai 10 ribu, mama-mama  akan pulang dimalam hari.
Siapa sangka kalau seharian mama-mama itu bekerja hanya untuk membawa sayur dan tahu untuk makan untuk  keesokan harinya dan untuk  uang jajanan anak-anak mereka yang masih duduk ditaman kanak-kanak,tak ada uang yang tersisah untuk ditabung.

Bapa mereka juga begitu dari gaji 1.700.00 Ia kan gunakan dan bagi secara ekonomis 700 ribu rupiah buat anak mereka yang sedang kulia di luar kota,200 ribu untuk uang listrik pada bulan ini ,150 ribu buat anaknya yang masih TK,sisa enam tarus lima puluh bapa dari anak-anak itu akan membeli lauk pawuk jika bisa namun jika tidak uang itu akan habis begitu saja ,untuk memakai ongkos ke kantor,masih sangat dihitingkan , jika sudah tanggal puluhan bapa mereka akan berjalan kaki,menuju terminal angkutan meski sudah kerja dari pukul 08 pagi sampai 15:30 .

 Saatnya tiba alam akan masuk di sekolah dasar yang unggul dikatakan dan dipandang oleh masyarakat setempat dimana lagi kalau bukan sekolah yayasan kahtolik tidak tau mengapa masyarakat selalu mengangap bahwa sekolah yayasan adalah sekolah yang paling tepat untuk menjadi pilihan mereka.Ketika alam masuk sekolah dasar ia mulai kurang mendapat perhatian dari seorang bapa sebab diakhir jabatan untuk masa jabatan bapanya ,ia sibuk untuk memekarkan sebuah kabupaten di kampong halamnya,lima distrik ,tanah datar,perkebunan masyarakat menjadi persyaratan untuk memekarkan sebuah Kabupaten.
Bapa alam boleh dikatakan putra daerah  kampung nya yang berpengaruh dan disegani meski keluarga-keluarganya ,dikampung masih memegang tanah wilayat adat mereka bersedia untuk menandatangani surat persetujuan Kepal-kepala kampung yang bermaterai 6000 dan berlambang Departemen Dalam Negri.
Alam tidak terlepas dari perhatian seorang Mama ,ketika Permintaan untuk memekarkan daerah disahkan oleh pemerintah Kabupaten induk dan pemerintah Pusat bapa Alam menyiapkan diri untuk mencalonkan diri, pada Kursi Bupati Defenetif,sebab bupati Karteker adalah Orang Sunda yang berumpun Melayu yang didatangkan dari pemerintah Propinsi.

Masa jabatan Bupati karteker digunakan oleh Bupati tersebut untuk mendatangkan orang-orang dari jawa barat ,Pulau jawa.Asep yang di Jawa barat cuma seorang Buruh bengkel mendirikan sebuah bengkel yang besar dan satu-satunya di Kabupaten itu,sebab ia sudah berpengalaman selama Sembilan tahun siapa sanga secara praktik Asep sudah menguasasi semua tentang bengkel mulai dari alat-alat sampai manajemen bengkel.
Te Abi membuka warung Makan padang meski dulu ia seorang penjaga warteng atau warung tegal di bandung untuk mengejar populerlaritas ia mengunakan nama Warung Makan Padang,secara pegalaman Abi sudah matang untuk membuka Warung makan standar Restoran di Kabupaten itu.

Seluruh mudah mudi asal Kabupaten itu yang sudah Sarjana mengejar jabatan tertinggi yaitu sebagi  Pemimpin di Pemerintahan dan perkantoran.

Didit salah seorang pedagang Kios membuka sebuah kios yang berukuran besar ,mana boleh kata selama masa jabatan Bupati Karteker peraturan pemerintah membolehkan semua itu bakalan tidak ada peraturan-peraturan yang mengatur tataran hidup Masyarakat asli.

Semua sektor usaha dan bisnis berhasil dipenuhi oleh Bupati karteker,usaha mereka sudah dua tahun,dua tahun merupakan waktu yang jauh dan panjang ratusan juta sudah diraih oleh bupati karteker.

Dua tahun adalah waktu yang paling lama dan tak bisa dikejar oleh Masyarakat Asli setempat apalagi masyarakat setempat adalah masyarakat yang tidak mempunyai niat untuk berbisnis, sebab masyarakat tataran utama atau pertama adalah mereka yang beldiri dari masyarakat Budaya sedangkan kaum mudah yang sudah mendapat gelar sarjana sedang megejar kursi jabatan pemerintah tertinggi dua tahun mereka berbisnis untuk seratus tahun kedepan mereka telah menanam saham di Kota ini.

Ketika Alam duduk di bangku kelas tiga SD ,Bapanya menjadi salah satu calon kandidat Bupati.
 Masuk masa kampanye Bapa dan Mama Alam lepas kendalai mereka lebih cendrung ke kampanye-kampanye ,namun masa kampanye itu berlangsung selama satu bulan stegah
Bapa alam terpilih menjadi Bupati Defenitif pertama di kabupaten baru itu.

Pelantikan  Bupati pada bulan Juni dimana bulan ini merupakan awal tahun dimana ajaran baru di dunia pendidikan .

Kampus-Kampus pemerintahan yang digengsikan oleh pelajar yang baru Tamat di Sekolah menegah atas mengejar untuk menjadi Mahasiswa di Kampus yang dikenal senagai IPDN atau Institut Dalam Negri.
Pada Tahun itu ada Sekita lima puluhan perserta yang ikut seleksi masuk Kampus IPDN,diantara mereka yang ikut seleksi ada pula keluarga dekat Alam yaitu anak dari Paman Alam dan Kaka sepupu Alam.
Dari lima puluhan lebih perserta yang ikut tes di Kabupaten ,ada dua puluh yang tembus untuk mengikutI tes di tingkatan Propinsi,di tingkatan Propinsi ada tujuh orang perserta yang sukses untuk masuk di IPDN diantarannya anak dari paman dan kaka sepupu alam..

Sungguh kasihan diantara mereka yang gugur di Propinsi ada salah  seorang anak laki-laki yang mempunyai jiwa kepemimpinan  ia seorang anggota Osis di SMA Negri satu dan prestasinyapun gebilang entah kenapa ia  gugur ,tidak mungkin karena fisiknya lemah karena ia seorang Atlit Sepak Bola.


 karena ia berasal dari ekonomi lemah tahun ini ia absen dulu.
Menurut data KPU Komisi Pemilihan Umum dana kampnye yang dikeluarkan Bupati terpilih sangatlah besar yaitu 1 Miliyar Rupiah.

Dana itu didatangkan oleh Bupati terpilih dari Kontrak-kontrak politik dengan beberapa Perusahan yang Besar.

Utang harus dibayar karena itu seratus hari kerja Bupati terpilih memfokuskan kepada  Perusahan-perusahan yang telah membantu Bupati terpilih,malah dua tahun tender proyek  telah ditandatangani.
Ada beberapa pengusaha muda asli Kabupaten setempat tapi mereka tidak  menang dalam tender proyek ,meski mereka juga sudah mempunyai” CV” bapa Alam harus memberikan tender –tender ke para pegusaha yang telah membantu bapa alam ketika kampanye.
Waktu tidak terasa Alam sudah kelas Lima SD.

Karena alam beragama Kahtolik,ia dengan harus mengikuti sakramen Komuni sakramen komuni adalah kewajiban yang harus diterima ,oleh Orang katolik setelah sakramen Permandian.
Ketika mendapat bimbingan dari Pastor ,alam merasa ada yang kurang didirinya materi pendalaman iman yang dibawa oleh pastor adalah ‘Kebebasan .

Banyak pertanyaan yang timbul di pikiran alam namun pikiran itu sangat menyatuh dengan hatinya.
Sampai dirumah alam duduk dan merenung kenapa,dan ada apa ? sedangkan semua sudah saya punya mobil….rumah…uang.

Didepan alam ada sebuah buku yang dicetak tebal dan tercover foto bapanya  buku itu adalah buku visi dan misi bapanya isi buku itu adalah  sehat,pintar dan kenyang,janji bapa alam untuk masyarakat ,untuk pintar sekolah harus gratis dan fasilitas sekolah yang memadai dan tersedianya Laboraturium Bahasa,Lab Kompter dan Lab MIPA.

Untuk sehat Pelayanan PUSKESMAS akan dilengkapi dan dijaga oleh tenaga-tenaga medis yang berpengalaman.

Disebelah buku tersebut ada pula tabloid jubi dimana halaman pertama termuat tulisan tentang buruknya pendidikan di Papua ketika otonomi Khusus berjalan .

Setelah membaca tulisan itu alam sangat kebingungan dan bertanya-tanya ,dengan pertanyaan yang agak kaku siapa yang tipu masyarakat   ni sa punya bapa?  atau Otonomi Khusus ni yang tipu masyarakat?.
Usia  alam adalah ,usia yang ingin tahu banyak,maka untuk menjawab pertanyaan itu ,alam mengambil kesimpulan untuk bertanya kepada Pastor karena besok adalah hari minggu.

Hari minggu Alam dan teman-temannya duduk dikursi paling depan ,sebab mereka diharuskan oleh kakak pengasuh sekolah minggu.

Dalam kotbah pastor bercerita tentang pengaruh minuman keras sebab dalam bulan itu sudah Sembilan pemuda yang meninggal akibat minum minuman beralkohol itu,minggu lalu juga pastor berkotbah tentang HIV AIDS yang makin banyak penularannya .

Alam berpikir lebih baik Pastor ko jangan Khotbah banyak ,ko khotbah juga ,orang yang meninggal dan terinfeksi HIV makin banyak .
Setelah pulang dari gereja anak-anak yang mau mengikuti bimbingan untuk sakramen berkumpul untuk mengikuti  pendalaman iman oleh pastor.

Ketika pastor hendak memberi sapa untuk membuka pendalaman iman ,alam langsung bertanya kepada Pastor ,pastor sebenarnya siapa yang salah sa punya bapa punya visi itu pintar,sehat.kenyang tapi sekolah-sekolah tidak ada guru-guru yang ajar itu dikampung-kampung ,baru katanya otonomi khusus juga tidak bawa perubahan malah pendidikan tambah parah?

Pator menjawab dengan sederhana o…soal politik pastor tidak tau ,pastor punya tugas itu pimpin misa .
Alam balik bertanya baru tadi pastor khotbah tentang orang-orang meninggal karena mabuk-mabuk itu apa itu juga politik to,pastor pastor kalau Cuma bicara di gereja tidak ada perubahan lebih baik pastor larang mereka yang jualan minuman keras boleh,biar tidak ada yang meninggal lagi dan orang yang kena AIDS .

Pastor di Paroki itu Orang Jawa namanya Pastor Krstiono.Tak ada Pastor Orang asli Papua disana,Pastor ,Uskup semua orang pendatang maka dari itu Jika berkotbah semua mencontohkan Papua dari fersi Jawa.Misi gereja katolik adalah berbicara keadilan namun setiap ada pembunuhan ,kemarjilinisasian gereja tidak berbicara.

Dikota itu jumlah masjid dan musolah lebih banyak dan lebih mega jika dibandingkan dengan Gereja-gereja,sebab dengan adanya Transmigrasi jumlah agama orang asli menjadi minoritas.
Papua adalah lumbung uang.maka dari itu seluruh usaha yang diusahkankan oleh pendatang diupayakan,mulai dari pembukaan lokalisasi,kios-kios penjualan Minuman Berkadar alkohol oplosan dan yang tidak dioplos,café-café dan bar-bar ada pusat kota.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.